Dramatology

5 Cara Menumbuhkan Keintiman Emosional dengan Pasangan

Keintiman emosional

Seperti keintiman fisik, keintiman emosional dapat berkurang begitu pasangan telah bersama untuk sementara waktu.

Dalam hubungan, keintiman fisik cenderung lebih mudah daripada keintiman emosional. Keintiman emosional, dalam istilah awam, apa yang biasanya disebut sebagai ‘perasaan dekat’ dengan seseorang, keintiman emosional biasanya muncul ketika ada rasa aman emosional dalam suatu hubungan. Hal tersebut menghasilkan perasaan percaya yang mendalam, unsur penting perasaan dicintai.

Tetapi seperti keintiman fisik, keintiman emosional dapat berkurang begitu pasangan telah bersama untuk sementara waktu – dan hal tersebut adalah hal yang wajar. Pasangan bisa memulai hubungan mereka dengan keintiman fisik yang hebat. Namun, jika mereka memiliki masalah ditengah perjalanan cinta, tanpa adanya rasa keintiman emosional yang kuat, mungkin sulit untuk menyelesaikannya.

Keintiman emosional adalah landasan suatu hubungan. Untungnya, ada cara sederhana untuk mengolahnya dan membawanya kembali.

Ubah Gaya Komunikasi Kamu dengan Pasangan

keintiman emosional

Komunikasi cenderung menjadi hal yang mendorong irisan dalam banyak hubungan, terutama cara pasangan berpendapat. Hal-hal seperti kritik, sarkasme, dan pelabelan adalah penghambat komunikasi yang cenderung menciptakan jarak dalam hubungan. Jadi, jika kamu mendapati diri kamu tak sengaja tergelincir ke dalam jenis-jenis komunikasi itu, tanyakan pada diri kamu mengapa kamu melakukan itu. Kemudian cari cara yang lebih baik untuk menyampaikan maksud kamu. Jika ada kebencian, itu harus diselesaikan dengan membicarakannya dan menyembuhkan bersama.

Menyampaikan maksud kamu, apakah itu positif atau negatif, secara efektif adalah kunci untuk terhubung dengan pasangan kamu secara emosional.

Ucapkan Terima Kasih dan Tunjukan Bentuk Penghargaan

Semakin lama kamu berada dalam suatu hubungan, semakin mudah untuk membiarkan hal-hal baik yang dilakukan pasangan kamu untuk kamu. Tetapi penting untuk mengakui hal-hal kecil – seperti ketika mereka membawakan kamu kopi di pagi hari, atau mengajak anjing berjalan-jalan. Agar keintiman emosional ada, ekspresi rasa terima kasih dan penghargaan akan diperlukan untuk menciptakan kepastian mengapa kita bersama. Mudah mengatakan terima kasih untuk hal-hal besar. Tetapi hal-hal kecillah yang terkadang lebih sampai ke hati.

Lihat hal-hal dari Point of View Pasangan kamu

Ini adalah salah satu hal paling sulit untuk dilakukan – terutama ketika kamu sedang menjalin hubungan. Tapi lebih penting untuk memahami pola pikir pasangan kamu daripada mengedepankan pemikiran yang menurut kamu itu benar. Miliki pola pikir bahwa dialog adalah ruang untuk menumbuhkan pemahaman daripada menjadi benar atau salah atau alih-alih hanya ingin berkompetisi siapa yang salah dan siapa yang benar. Itu tidak secara otomatis berarti pasangan kamu benar. Ini hanya berarti bahwa kamu bersedia melihat hal-hal dari kedua belah pihak, dan itu dapat mengarah pada pemahaman yang lebih besar dan membuat kalian saling memahami satu sama lain.

Lakukan hal-hal yang penting dan bermakna bersama-sama.

keintiman emosional

Secara tiba-tiba kamu mengajak pasanganmu naik gunung atau melakukan hal ekstrim yang belum pernah kalian lakukan. Adalah hal yang membuat hubungan kamu dengan dia jadi lebih menyenangkan dan akan selalu dikenang. Hal ini bisa berupa aktivitas yang penting bagi pasanganmu, atau melakukan tugas yang mengurangi stres bagi mereka. Tidak semua tentang melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan. Faktanya, penting untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, sehingga Anda bisa fokus pada menumbuhkan kebahagiaan bersama.

Berusahalah untuk Selalu Terbuka

Memperhatikan hal-hal yang perlu dibahas dalam hubungan tidak selalu menyenangkan atau nyaman untuk dibicarakan. Tetapi penting untuk memberikan ruang diskusi hal itu dan untuk berusaha lebih nyaman berbicara tentang hal-hal yang menakutkan. Bahkan jika kamu khawatir itu akan melukai perasaan pasangan kamu, hasil dari mengekspresikan kebutuhan kamu dan bekerja untuk meningkatkan kedekatan dalam hubungan itu sepadan dengan risikonya. Ini berlaku untuk topik intim, seperti fantasi seksual atau masalah kesehatan mental juga. Ini membantu Anda terus belajar tentang pasangan Anda, yang memungkinkan keintiman emosional itu berkembang.

Ternyata untuk menjaga hubungan biar tetep intim tuh gak rumit yah beeeeeb.. intinya sih saling ngertiin ajaa..

Kalo ada yang mau share pengalaman atau nambahin tips, boleh banget nih tulis di komen. Biar kita bisa diskusi lebih lanjut..

Simak juga : Cara mudah memperkuat hubungan persahabatan

Sumber : womansday

(3) Comments

  1. […] Simak juga : 5 Cara Menumbuhkan Keintiman Emosional dengan Pasangan […]

  2. […] Simak juga : 5 Cara Menumbuhkan Keintiman Emosional dengan Pasangan […]

  3. […] Simak juga : 5 Cara Menumbuhkan Keintiman Emosional dengan Pasangan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *